Metode Pengajaran Bhs Jepang

Metode pengajaran (teaching method) adalah satu cara yang dilakukan supaya pengajaran berlangsung dengan efektif, dalam pengajaran bahasa metodologi mengandung pengertian sebagai berikut :
  1. Teori bagaimana sebaiknya cara mengajarkan suatu bahasa , hal ini tentu saja dilakukan terlebih dulu dengan menganalisis apa itu yang sebut bahasa dari berbagai aspek.
  2. Teori bagaimana manusia memperoleh bahasa dan bagaimana cara yang efektif dalam proses pemerolehan bahasa tersebut.
  3. Teori tentang bagaimana menggunakan bahan ajar dan media ,serta urutan pengajaran yang efektif agar mencapai hasil yang memuaskan.
Ketiga unsur inilah yang merupakan komponen dari metodologi yang digunakan dalam kelas oleh seorang guru bahasa. Penguasaan tentang metode pengajaran ini akan sangat bermanfaat terhadap hasil yang didapat setelah proses pengajaran bahasa berlangsung. Dalam metodologi bahasa sering kita mendengar istilah pendekatan (approach), metode ( method) dan teknik (tecnique) yang kadang kadang pengertiannya suka bercampur dan terkadang susah membedakannya.

Mengenai metode pengajaran bahasa asing di Indonesia baik itu bahasa Jepang atau bahasa Inggris, sepertinya terdapat kekeliruan besar dalam sistem dan metode pengajaran bahasa asing dikalangan siswa SMU dan mahasiswa perguruan tinggi. Selama ini para guru bahasa asing keliru menerapkan metode pengajaran bahasa asing, mereka terlalu berorientasi tata bahasa serta mengabaikan percakapan, seharusnya metode yang dipakai harus dibalik, dengan memberikan orientasi dan penekanan pada latihan percakapan, dan mengurangi belajar tata bahasa yang dirasakan para siswa SMU dan mahasiswa terlalu rumit dan bertele-tele., apalagi tatabahasa Jepang yang memang bisa dikatakan sulit. Bila siswa sudah mampu bercakap-cakap dengan bahasa asing baik itu bahasa Inggris , bahasa Jepang atau bahasa lainnya , masalah tata bahasa bisa menyusul disempurnakan secara bertahap. Metode pengajaran yang menekankan tata bahasa, sebaiknya diganti dengan metode yang lebih menekankan pada bidang percakapan, karena belajar tatabahasa hanya membuat para siswa dan mahasiswa jenuh belajar bahasa asing. Banyak orang sudah belajar bahasa Inggris bertahun-tahun, tetapi tetap tidak bisa berbahasa Inggris aktif, sebaliknya orang asing yang belajar bahasa Indonesia justru cepat bisa mengucapkan bahasa Indonesia. Demikian juga bahasa Jepang, menguasai percapakan bahasa Jepang lebih bermanfaat dari pada menguasai tata bahasa bahasa Jepang, tapi bukan berarti kita melupakan tata bahasa .mampu tidaknya seseorang berbahasa asing, tergantung kemampuannya dalam mengucapkan bahasa asing tersebut.

Diambil dari jurnal jepang05

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *