CEPAT DAN MUDAH BERBAHASA INGGRIS

Sudah setahun lebih tidak menulis dan mengisi blog ini, dikarenakan kurangnya motivasi, dan kesibukan. Pada postingan pertama di tahun 2011 ini hanya mau sharing tentang kunci sukses belajar bahasa Inggris bagi siapapun yang belajar atau sedang belajar untuk bisa berbicara bahasa Inggris, karena orang belajar bahasa itu bisa diketahui dari cara dia berbicara bahasa, bukan dari nilai yang dicapai dari pelajaran bahasanya. Dan kata orang metode belajar bahasa yang baik adalah tinggal dimana bahasa itu digunakan.
Apakah anda sudah putus asa tidak bisa belajar bahasa Inggris (learning English)? Cobalah berpikir lagi. Memang bahasa Inggris bukanlah alat komunikasi di Indonesia sehingga sulit sekali menemukan teman untuk berbicara. Apapun latar belakang atau pengalaman anda, anda DAPAT belajar berbicara bahasa dengan menggunakan tujuh teknik cepat.

1.Mengambil kursus pendek:
Sejumlah kursus-kursus bahasa sekarang tersedia di mana-mana, di universitas atau perguruan tinggi lokal. Internet demikian juga banyak yang memberi layanan kursus bahasa asing. Silakan ketik kata kunci seperti: learning English, atau belajar bahasa Inggris online, kursus bahasa Inggris, dsb. Nah, ambillah kursus bahasa Inggris ini untuk memulai usaha anda.

2.Mimicking:
“Mom, he’s mocking me!” “Ibu, ia sedang mengejek aku!” Pernahkah anda mendengar keluhan ini bila setelah adikmu yang paling kecil menirukan dari orang lain? Seseorang menirukan kata, bunyi – dalam pidato, termasuk segala aksi panggung. Itu disebut mimicking dan cara itu sangat efektif bagi anda untuk belajar speaking. Prosedur sangat sederhana, anda mengulangi persisnya, kata demi kata, segala yang dikatakan oleh model tersebut. Model itu penyiar berita, karakter di sebuah komedi, pembawa cerita atau narrator, suara yang berasal dari radio atau operator kaset. Jangan cemas jika hasilnya belum sempurna. Anda akan belajar dengan berbahasa Inggris dengan lidah. Anda akan memperoleh kecepatan dan menenangkan cara ini dengan praktek langsung. Anda akan melakukan lebih cepat dibanding yang anda kira.

3.Membaca Dengan Suara Keras:
Salah satu cara belajar bahasa Inggris membaca dengan keras. Bacalah teks-teks bahasa Inggris dengan suara keras. Teknik tangguh ini tidak hanya mengembangkan ketrampilan-ketrampilan pengucapan kata-kata, berperan untuk meningkatan keterampilan mendengarkan, tatabahasa dan kosa kata juga. Pelajarilah bahasa Inggris dengan membaca.

4. Menonton TV: Jika anda sudah berlangganan TV kabel, adakah sebuah stasiun menyiarkan di dalam bahasa Inggris yang anda minati? Banyak stasiun TV yang menyiarkan acaranya dengan menggunakan bahasa Inggris. Nah Anda bisa belajar bahasa Inggris dari menonton TV itu. Apabila belum mempunyai TV kabel simaklah film atau program berbahasa Inggris itu bukan dari teks yang ada dibagiah bawah tampilan televise, atau cobalah tutup terjemahan tersebut dengan kertas.

5.Mendengarkan Musik:
Mendengar musik merupakan tips dan trik belajar bahasa Inggris yang menyenangkan. Anda juga tidak asing dengan lagu-lagu bahasa Inggris, kan. Pilihlah lagu dengan syair yang mudah dan dinyanyikan dengan tempo yang lebih lambat. Anda juga bisa melakukan dengan karaoke bersama teman atau keluarga. Dengan bantuan internet, bahkan, anda dapat mencari lagu-lagu bahasa Inggris secara online. Di internet anda dapat mnemukan ratusan bahkan ribuan nyanyian online

6.Membaca:
Berhenti di perpustakaan untuk meminjam buku-buku tata bahasa dan materi belajar bahasa Inggris. Tatabahasa merupakan pemandu yang baik dalam belajar bahasa Inggris. Dan membaca secara umum merupakan modal awal belajar bahasa Inggris. Membacalah artikel bahasa Inggris sebanyak mungkin, dan anda akan menuai hasilnya.
Membaca juga bisa dipahami sebagai memahami orang lain. Pergilah ke tempat-tempat yang banyak dikunjungi oleh para penutur bahasa Inggris, seperti di restaurant, supermarket, tempat wisata, forum chatting, klub bahasa Inggris, atau ke mana saja, yang memungkinkan anda dapat berbicara dan mempraktekkan bahasa Inggris anda.

7. Berbicara sendiri depan cermin:
Bahasa Inggris adalah bahasa asing bagi masyarakat Indonesia, oleh karena itu akan lebih sulit untuk menemukan teman untuk bisa saling berbicara secara tatap muka, ciptakanlah lingkungan dimana bahasa itu dipakai. Dengan cara berbicara didepan cermin,seakan –akan menemukan teman untuk berbicara bahasa tersebut, gunakanlah ungkapan baru untuk dipraktekkan di depan cermin, memang akan sedikit terasa asing dan dirasakan seperti orang gila, tapi itulah cara untuk membiasakan diri apabila tidak mempunyai partner berbicara.
.