Cara Presentasi Dalam Bahasa Inggris Dengan Baik

Sebagai persiapan memasuki dunia kerja, Anda diharapkan bisa melakukan presentasi dalam bahasa Inggris. 

Berikut ini adalah cara membuat kerangka presentasi dalam bahasa Inggris yang baik sebelum di gabungkan dengan topik presentasi Anda. 

1. Welcoming Audience (Menyambut Pendengar)

At the beginning of each presentation, you should welcome your audience. Depending on who you are addressing, you should extend a more or less formal welcome.

(Diawal presentasi, Anda seharusnya menyambut dengan hangat para pendengar presentasi Anda. Penyambuttan ini tergantung pada diperuntukkan pada siapa, jika diperlukan membuat penyambutan sedikit formal) 

  • Good morning/afternoon/evening, ladies and gentlemen/everyone. (Selamat pagi/siang/sore, Ibu dan Bapak sekalian) 
  • On behalf of “Company X”, allow me to extend a warm welcome to you. (Sebagai wakil dari Perusahaan x, ijinkan saya untuk menyampaikan salam hangat kepada Anda)
  • Hi, everyone. Welcome to “Name of the event”. (Hai, semuanya. Selamat datang pada (nama acara))
  • Good morning everyone and welcome to my presentation.  (Selamat pagi semuanya dan Selamat datang pada presentasi saya).

2. Introducing yourself as speaker (Perkenalkan diri Anda sebagai pembicara)

The level of formality of your welcome address will also apply to how you introduce yourself. Customize it to match your audience. (Tingkat formalitas pada penyambutan Anda akan mempengaruhi bagaimana Anda memperkenalkan diri. Sesuaikan dengan para peserta presentasi Anda.)

  • Let me briefly introduce myself. My name is “John Miller” and I am delighted to be here today to talk to you about…(Biarkan saya memperkenalkan diri dengan singkat. Nama saya adalah John Miller, dan saya disini hari ini untuk membicarakan tentang ...(diikuti topic presentasi).
  • First, let me introduce myself. My name is “John Miller” and I am the “Position” of “Company X”. (Pertama, biarkan saya mempernalkan diri. Nama saya adalah John Miller dan saya ...jabatan...di perusahaan x)
  • I’m “John” from “Company Y” and today I’d like to talk to you about… (saya adalah John dari perusahaan Y, dan hari ini saya ingin berbicara tentang ..(topik presentasi))
  • I am John, the sales representative of Odena company. (saya adalah John, petugas penjualan dari perusahaan Odena)

3. Introducing what you are going to talk (topic of presentation)
(Perkenalkan apa yang akan Anda bicarakan (topik presentatasi))

After the welcome address and the introduction of the speaker comes the presentation of the topic. Here are some useful introductory phrases. (Setelah penyambutan tersampaikan dan perkenalan pembicara sudah tersampaikan, sampaikan topik presentasi)

  • This morning I will be presenting about our new product, Vierellarosse. (Pagi ini, saya akan menyampaikan tentang produk baru kami, Vierellarose (nama produk))
  • Today I am here to talk to you about… (Sekarang, saya akan membicarakan tentang...)
  • What I am going to talk about today is…(Apa yang akan saya bicarakan yaitu....)
  • I would like to take this opportunity to talk to you about… (saya akan ambil kesempatan ini untuk membicarakan...)
  • I am delighted to be here today to tell you about… (Sakan senang berada disini hari ini, akan memberitahu kamu tentang...)
  • I want to make you a short presentation about… (saya akan membuat presentasi pendek tentang....)
  • I’d like to give you a brief breakdown of… (saya akan memberi kamu penjelasan tentang...)

4. Explaining the goal of presentation ( Menerangkan tentang tujuan presentasi)

It is always recommended to present the goals of your presentation at the beginning. This will help the audience to understand your objectives. (Sebagai awalan,selalu disarankan untuk menyampaikan tujuan presentasimu. Ini akan membantu pendengar untuk memahami maksud Anda)

  • The purpose of this presentation is… (Tujuan presentasi ini adalah....)
  • My objective today is…(Tujuan saya hari ini adalah...)

5. Giving overview of presentation's structure (Berilah rangkuman struktur presentasi)

After presenting the topic and your objectives, give your listeners an overview of the presentation’s structure. Your audience will then know what to expect in detail. (Setelah menyampaikan topik, dan tujuan Anda, berilah pendengar Anda rangkuman garis besar presentasi)

  • My talk/presentation is divided into “x” parts. (Presentasi saya akan di bagi menjadi bagian....)
  • I’ll start with…/First, I will talk about…/I’ll begin with…,…then I will look at…,…next…, and finally… (Saya akan mulai dengan....,/ Pertama, saya akan membicarakan..../ Saya akan mulai dengan...., ...kemudian saya akan menyampaikan....., ....kemudian...., dan akhirnya....)

6. Starting point of presentation (Memulai presentasi)

After all this preparation, you can finally get started with the main part of the presentation. The following phrases will help you with that. (Setelah semua persiapan dilakukan, Anda mulai bagian utama presentasi. Berikut adalah ungkapan yang bisa membantu Anda dalam memulai presentasi)

  • Let me start with some general information on… (Marilah kita mulai dengan beberapa informasi pada...)
  • Let me begin by explaining why/how… (Biarkan saya mulai dengan menjelaskan mengapa/ bagaimana...)
  • I’d like to give you some background information about… (Saya akan memberi beberapa latar belakang informasi tentang....)
  • Before I start, does anyone know… (Sebelum saya mulai, adakah yang tahu....)
  • As you are all aware…(Seperti yang Anda sadari...)
  • I think everybody has heard about…, but hardly anyone knows a lot about it. (Saya pikir setiap orang telah tahu tentang..., tetapi hampir tidak banyak orang tahu)

7. Ending presentation (Mengakhiri presentasi)

If you have completed a chapter or section of your presentation, inform your audience, so that they do not lose their train of thought. (Jika Anda telah selesai bagian presentasi, beritahu akhiran dari presentasi Anda)

  • That’s all I have to say about… (Cukup sekian apa yang saya sampaikan tentang...)
  • We’ve looked at… (kita telah membahas....)


Berikut ini adalah contoh dari rancangan presentasi: 

Good morning everyone and welcome to my presentation. First of all, let me thank you all for coming here today. Let me start by saying a few words about my own background. I am the sales representative of Odena company. This morning I will be presenting about our new product, Vierellarosse.

(Selamat pagi semuanya dan selamat datang di presentasi saya. Pertama-tama, izinkan saya berterima kasih kepada Anda semua karena telah datang ke sini hari ini. Mari saya mulai dengan mengatakan beberapa kata tentang latar belakang saya sendiri. Saya perwakilan penjualan perusahaan Odena. Pagi ini saya akan mempresentasikan tentang produk baru kami, Vierellarosse).

Before I start, Does anyone knows about Vierellarosse? (Sebelum saya mulai, adakah yang tahu tentang Viellarosse?) 

Our company’s trade and sales company that has newest product, Vierellarosse, is an aromatherapy candle product with a rose fragrance variant. This product has many advantages, one of the most superior is that it can create calm and help relieve symptoms by lowering the hormone cortisol in the body. Vierellarosse also has active ingredients in the form of serotonin and dopamine which can support a positive mood and can increase energy for the body.

(Perusahaan kami adalah perusahaan perdagangan dan penjualan, yang mempunyai produk baru yaitu  Vierellarosse adalah produk lilin aroma terapi dengan varian wewangian mawar. Produk ini memiliki banyak keunggulan, salah satu yang paling unggul adalah dapat menciptakan ketenangan dan membantu meringankan gejala dengan menurunkan hormon kortisol dalam tubuh. Vierellarosse juga memiliki bahan aktif yang berupa serotonin dan dopamin yang dapat mendukung suasana hati yang positif dan mampu meningkatkan energi bagi tubuh).

Contoh Audio dari presentasi bisa di dengarkan di sini, Silahkan didengarkan dengan baik, dan coba ditirukan apa yang diucapkan di audio untuk melatih pengucapan.

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *