Mengapa Belajar Bahasa?

Mempelajari sebuah bahasa asing sesungguhnya memerlukan kesungguhan dan pasti akan memakan waktu. Alasan – alasan di bawah ini mungkin bisa membantu memantapkan anda dalam belajar bahasa asing, jika hal itu diperlukan. Beberapa alasan tersebut mungkin praktikal, beberapa yang lain aspirasional, intelectual, sentimental, tapi apapun itu, memiliki alasan yang kuat tentang mengapa anda belajar sebuah bahasa asing akan sangat membantu memotivasi diri anda sendiri dalam belajar:

1. Emigrasi
Ketika anda hendak pindah ke sebuah Negara atau wilayah yang berbeda, mempelajari bahasa local tempat baru anda akan membantu anda berkomunikasi dan berintegrasi dengan komunitas local. Bahkan jika orang – orang yang anda datangi mampu berbicara bahasa ibu kita, misalnya bahasa ibu kita adalah bahasa Indonesia, dan kita pindah ke Malaysia, kemampuan anda berbicara bahasa local masih sangat berharga. Hal ini karena, orang akan melihat betapa anda tertarik dan komitmen terhadap tempat baru yang anda datangi.

2. Keluarga dan para sahabat
Jika anda memiliki rekan kerja, ipar, saudara atau sahabat yang berbicara dengan bahasa berbeda, mempelajari bahasa mereka akan membantu anda berkomunikasi lebih baik dengan mereka. Hal itu juga bisa memberikan pemahaman yang lebih baik tentang budaya dan cara berfikir sahabat atau saudara anda.

3. Pekerjaan
Jika pekerjaan anda melibatkan hubungan yang rutin dengan orang yang berbahasa asing, anda akan sangat terbantu dengan menguasai bahasa asli mereka. Juga bisa berguna untuk melakukan penjualan, negosiasi dan melakukan kerjasama. Pengetahuan tentang bahasa asing juga bisa membuka kesempatan lebih untuk anda menemukan pekerjaan baru yang lebih baik, mendapatkan kenaikan jabatan atau perpindahan antar negara, atau bepergian ke luar negeri untuk urusan bisnis.
Kebanyakan bisnisman yang mampu berbahasa inggris tidak merasa perlu mempelajari bahasa selain inggris karena mereka percaya kebanyakan partner mereka dari Negara lain menguasai bahasa inggris, dan jika mereka tidak menguasai bahasa inggris, bisa menggunakan jasa seorang interpreter. Kurangnya pengetahuan bahasa asing orang indonesia, menyebabkan posisi bisnisman Indonesia dalam keadaan yang kurang menguntungkan. Jika dalam sebuah rapat misalnya, partner kita mungkin saja berbicara dengan bahasa mereka sendiri tanpa kita mengetahui apa yang mereka bicarakan, dan interpreter sendiri memiliki keterbatasan. Jika bisnisman mampu menguasai bahasa asing partnernya, mungkin saja partner kita merasa lebih nyaman.

4. Studi dan Penilitian
Mungkin saja informasi yang kita perlukan tentang suatu hal yang menarik kita diberitakan dalam bahasa asing. Mempelajari bahasa asing akan memberikan kita kemudahan memahami materi dan membuat kita mampu berkomunikasi dengan teman kita dalam penelitian.

Language is the archives of history. Bahasa adalah arsip sejarah
(Ralph Waldo Emerson)

5. Travel / Bepergian
Bahkan untuk mereka yang berbicara bahasa inggris sekalipun masih memiliki peluang untuk sulit berkomunikasi dengan orang local yang tidak mampu menguasai bahasa asing. Padahal di dunia ini, bahasa inggris adalah bahasa internasional. Bagaimana dengan kita yang bahasa inggris saja masih patah – patah? Jika kita bepergian ke luar negeri, kita akan banyak bertanya tentang sesuatu, hotel, memahami orang lokal, membaca menu di restaurant dan lainnya. Untuk itu, mempelajari bahasa lokal dan bahasa asing sangat diperlukan.
Pengetahuan dasar bahasa asing akan membantu kita ”siap”, seperti memesan makanan atau minuman, menemukan jalan jika tersesat, membeli tiket kereta atau bus dsb. Jika kita memiliki pengetahuan lebih dengan bahasa asing, bahkan kita bisa berkomunikasi dengan baik dengan siapapun yang kita temuai, yang akan menjadi sangat menarik dan akan menambah kesan mendalam libuaran kita.

Die Grenzen meiner Sprache bedeuten die Grenzen meiner Welt.
The limits of my language are the limits of my universe.
Keterbatasan pengetahuan bahasa saya, berarti juga keterbatasan jangkauan alam saya
(Ludwig Wittgenstein)

6. Belajar di Luar Negeri
Jika anda bersiap kuliah di luar negeri, atau bersekolah di luar negeri, anda perlu pengetahuan yang baik mengenai bahasa di wilayah yang akan anda datangi, kecuali jika yang akan anda pelajari diajarkan melalui bahasa ibu anda. Tempat anda belajar akan menyelenggarkan kursus untuk meningkatkan kemampuan bahasa dan memberikan fasilitas.

7. Komunikasi rahasia
Jika anda dan kerabat, teman atau kolega mampu berbicara dengan bahasa yang hanya dikuasai oleh sedikit orang, anda akan bicara secara bebas tanpa takut orang mengernyitkan dahi atau anda bisa menulis materi yang sifatnya rahasia. Dulu, orang Jawa berbicara menggunakan bahasa jawa dalam perjuangan melawan belanda agar mereka tidak mengerti yang dibicarakan

8. Menemukan keluarga besar yang berbahasa berbeda
Mungkin saja anda memiliki keluarga yang berbicara dengan bahasa asing yang berbeda. Dan di masa lalu, mungkin anda memilik keluarga atau sanak family yang hijrah ke suatu daerah. Menguasai informasi bahasa local akan membantu anda menemukan kembali saudara atau kerabat yang hilang.

9. Memperbaiki bahasa sendiri
Jika kita berbicara sebuah bahasa asing, dan orang lain juga mempelajarinya, secara langsung membantu kita memperbaiki bahasa kita sendiri

Revitalising or reviving your language

10. Budaya
Beberapa dari kita tertarik dengan sastra, puisi, film, acara TV, musik atau hal lain yang berkenaan dengan budaya dari wilayah yang memiliki bahasa berbeda dengan kita. Menguasai bahasa mereka akan memperbaiki pengetahuan kita mengenai budaya mereka.

Most people in the world are multilingual, and everybody could be; no one is rigorously excluded from another's language community except through lack of time and effort. Different languages protect and nourish the growth of different cultures, where different pathways of human knowledge can be discovered. They certainly make life richer for those who know more than one of them.

Kebanyakan orang di dunia menguasai banyak bahasa dan setiap orang mungkin bisa seperti itu; tidak ada orang yang keluar dari sebuah komunitas bahasa lain kecuali karena kurangnya waktu dan usaha mempelajarinya. Bahasa yang berbeda akan menciptakan sebuah budaya yang berbeda pula, dimana alur sejarah manusia mungkin saja ditermuakan. Ini akan membuat hidup semakin kaya untuk mereka yang lebih mengetahui dari yang lainnya
(Nicholas Ostler, Empires of the Word)

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *